Ketua DPR RI Sebut Pancasila Memuliakan Manusia, Mendamaikan Dunia

| Kamis, 02/06/2022 16:21 WIB
Ketua DPR RI Sebut Pancasila Memuliakan Manusia, Mendamaikan Dunia Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani merefleksikan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni sebagai perjuangan untuk memuliakan manusia sekaligus mewujudkan perdamaian dunia di tengah konflik geopolitik serta pandemi COVID-19 yang masih melanda sejumlah negara di dunia. Menurutnya, baik pandemi maupun perang sama-sama memakan korban, yakni manusia.

“Pandemi dan perang sama-sama memakan korban bernama manusia. Karenanya, refleksi atas Kemanusiaan Yang Adil Beradab di Hari Lahir Pancasila ini menjadi sangat relevan,” kata Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 2 Juni 2022.

Dirinya mengenang bagaimana prinsip filosofis ‘internasionalisme’ atau ‘perikemanusiaan’ yang menjadi roh dalam Sila Kedua Pancasila itu diformulasikan jelas oleh Bung Karno pada Sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945. Tidak hanya itu, prinsip-prinsip tersebut turut berupaya memperkuat nasionalisme Indonesia guna menangkal chauvinisme, dengan menjadi bangsa yang mewujudkan persaudaraan dunia.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen bangsa mewujudkan perjuangan memuliakan manusia. Legislator dapil Jawa Tengah V itu mengatakan, perjuangan DPR RI dalam mengesahkan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS), adalah bagian dari pembumian Kemanusiaan Yang Adil Beradab.

“Bahwa dengan tugas konstitusionalnya menyusun undang-undang, DPR ingin memuliakan, melindungi harkat dan martabat manusia, tak terkecuali perempuan, agar kekerasan seksual bisa dicegah dan ditindak secara progresif sehingga memberikan keadilan bagi korban,” tukas Politisi PDI Perjuangan itu.

Ia juga menekankan, perjuangan untuk memuliakan manusia ini tidak akan berhenti dilakukan oleh DPR lewat produk-produk legislasi yang akan dihasilkan. Misalnya, RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak yang tengah dalam pembahasan di Badan Legislasi.

“Kami ingin negara hadir untuk menyejahterakan ibu dan anak, sejak di dalam kandungan, kelahiran dan pasca-kelahiran. Semua ini demi memajukan dan memuliakan manusia. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni,” tutur Puan.

Tags : Hari Pancasila , DPR RI , Pandemi , Perang , Kemanusiaan

Berita Terkait