Kemenkraf: UMKM Tulang Punggung Ekonomi Nasional

| Jum'at, 03/06/2022 21:25 WIB
Kemenkraf: UMKM Tulang Punggung Ekonomi Nasional Produk UMKM (foto: parekraf)

RADARBANGSA.COM - Deputi Bidang Industri dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Henky Manurung mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia. Ketika Pandemi menyerang, UMKM merupakan sektor ekonomi yang paling bertahan.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi. Bahkan ketika pandemi covid menyerang, UMKM adalah sektor yang mampu bertahan dan bangkit”, kata Henky Manurung saat pertemuan dengan manajemen Chain Hotel di Jakarta, Jumat 3 Juni 2022.

Henky juga menjelaskan bahwa akan terjadi pergeseran rantai pasok dalam industri hotel, "Akan ada pergeseran dalam pemenuhan kebutuhan hotel, kebutuhan hotel yang awalnya dipenuhi oleh perusahaan atau agen, nantinya akan dipenuhi langsung oleh para pelaku UMKM," jelasnya.

Menurut Henky, solusinya adalah kolaborasi untuk memperkuat rantai pasok UMKM dengan industri hotel. Seperti pemenuhan kebutuhan hotel oleh UMKM, menyediakan pojok UMKM, pemasaran produk UMKM dalam saluran TV hotel dan juga menyediakan QR code paket city tour untuk pemberdayaan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Direktur Manajemen Industri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Anggara Hayun Anujuprana, menyampaikan harapannya kepada semua pihak, khususnya pengelola hotel, untuk bersama-sama menyukseskan program kolaborasi ini.

"Mohon kesediaan Bapak dan Ibu pengelola hotel untuk bersama-sama menyukseskan program kolaborasi ini, agar dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi hotel, UMKM, dan Indonesia," tuturnya.

Tags : UMKM , Kemenkraf , Ekonomi Nasional

Berita Terkait