Menkes Budi Gunadi Sadikin Ingin Formalkan Pembentukan Dana Persiapan Pandemi

| Senin, 06/06/2022 18:30 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin Ingin Formalkan Pembentukan Dana Persiapan Pandemi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin ingin memformalkan pembentukan dana persiapan pandemi. Hal itu disampaikan pada pertemuan Health Working Group kedua di Lombok yang berlangsung dari 6 hingga 8 Juni 2022.

“Jadi kalau ada pandemi lagi ke depannya harus ada cadangan dananya,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin di Lombok, Senin 6 Juni 2022.

Menurut Menkes Budi, dalam membangun ketahanan sistem kesehatan global tersebut, Kemenkes berfokus pada tiga hal utama, yakni pertama mobilisasi sumber daya keuangan untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi.

“Begitu dana sudah terbentuk, Menkes Budi mengatakan harus mencari cara bagaimana dana itu bisa digunakan untuk mengakses obat-obatan, vaksin, dan alat tes pandemic,” kata Menkes Budi.

Fokus kedua, lanjut Menkes Budi, dalam membangun ketahanan sistem kesehatan global adalah mobilisasi sumber daya kesehatan esensial untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi.

“Harus dibangun struktur dan mekanisme untuk memobilisasi sumber daya secara cepat dan adil sehingga tindakan medis darurat dapat diakses oleh semua negara saat krisis kesehatan terjadi, baik saat ini maupun jika terjadi ancaman kesehatan lain di masa mendatang,” lanjutnya.

Terakhir, kata Menkes Budi, optimalisasi pengawasan genomik dan penguatan mekanisme berbagi data terpercaya untuk memberikan insentif bagi kesehatan masyarakat global yang kuat.

“Dengan menggunakan platform berbagi data universal (model GISAID+) memungkinkan semua negara G20 untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dan data, tidak hanya untuk pandemi saat ini, tetapi juga pada patogen global lainnya yang memiliki potensi pandemi di masa depan,” tandasnya.

Tags : Pandemi , Kemenkes , Global Health

Berita Terkait