Ketua DPR RI Desak Pemerintah Percepat Vaksinasi PMK Hewan Ternak

| Senin, 13/06/2022 22:16 WIB
Ketua DPR RI Desak Pemerintah Percepat Vaksinasi PMK Hewan Ternak Peternakan Sapi. (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mendesak pemerintah untuk mempercepat tindak pengendalian penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Sebagaimana informasi yang diterimanya, PMK telah meluas menyerang hewan ternak, yang kini menimbulkan kekhawatiran masyarakat jelang Iduladha.

“Kasus PMK pada hewan ternak sudah semakin serius karena penyebarannya semakin meluas. Pemerintah harus segera melakukan pengendalian karena masyarakat sudah semakin cemas mengingat sebentar lagi Iduladha,” kata Puan seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 13 Juni 2022.

Sebagaimana diketahui, penyebaran penyakit mulut dan kuku pada ternak ini telah menyebar ke 18 provinsi dan 163 kabupaten/kota. Meski pemerintah sudah menyatakan hewan kurban yang disediakan tahun ini bukan dari daerah yang terkonfirmasi PMK, namun kekhawatiran masyarakat masih ada.

“DPR berharap agar vaksinasi untuk menekan kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ini segera dilakukan. Dengan begitu, kita bisa mencegah penyebaran virus semakin luas,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Pemerintah juga harus memperbanyak dokter hewan pada wilayah-wilayah terdampak. Sebab beberapa daerah sudah merasa kewalahan karena kurangnya tenaga medis yang bertugas melakukan penyuntikan obat untuk sapi yang terpapar PMK. Akibat kurangnya dokter hewan, penanganan sapi yang terpapar PMK menjadi lambat, seperti yang terjadi di NTB (Nusa Tenggara Barat). Masalah PMK ini cukup serius karena bisa berdampak juga pada perekonomian Indonesia ” ujarnya.

Tags : DPR RI , PMK , Hewan Ternak , Iduladha , Indonesia