Danau di Chili Berubah Jadi Gurun, Peringatan Keras Perubahan Iklim

| Jum'at, 17/06/2022 20:52 WIB
Danau di Chili Berubah Jadi Gurun, Peringatan Keras Perubahan Iklim Ilustrasi Lahan Kekeringan (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Sebuah danau yang merupakan sumber mata air utama bagai Penduduk Chili dilaporkan kekeringan.

Danau yang bernama Penuelas ini berukuran 38.000 kali kolam renang olimpiade. Namun alangkah mengagetkannya jika sekarang, danau ini nyaris kering seperti gurun.  

Seorang warga bernama Amanda Carrasco mengatakan bahwa ini pertama kalinya dia melihat fenomena langka.

"Saya belum pernah melihat (situasi waduk) seperti ini. Sebelumnya air lebih sedikit, tetapi tidak (separah) seperti sekarang,” kata wanita berusia 54 tahun ini, sebagaimana dikutip Reuters Jumat 17 Juni 2022.

Dia mengatakan fenomena itu membuat penduduk setempat memohon kepada Tuhannya untuk kembali mengalirkan air ke dalam danau itu.

“Kami harus memohon kepada Tuhan untuk mengirimkan kami air,” jelas dia.

Di balik problematika tersebut, sebuah studi akademis tentang suhu laut dan defisit curah hujan menemukan perubahan global dalam pola iklim dunia.

Biasanya, badai bertekanan rendah dari Pasifik menurunkan curah hujan di atas Chili di musim dingin, mengisi kembali akuifer dan memenuhi pegunungan Andes dengan salju.

Tetapi karena pemanasan yang terjadi secara alami di laut lepas pantai Chili menghalangi datangnya badai, ditambah dengan kenaikan suhu laut global yang membuat wilayah itu kekeringan.

Di sisi lain, penipisan ozon dan gas rumah kaca di Antartika, memperburuk pola cuaca yang menjauhkan badai dari Chili, pernyataan ini ditulis dalam studi tentang variabel yang mempengaruhi cuaca Antartika.

Sebelum fenomena kekeringan ini terjadi, 20 tahun yang lalu Danau Penuelas merupakan sumber air utama bagi kota Valparaiso. Namun sekarang danau ini tak bisa diandalkan lagi.

Warga setempat menjadi saksi bahwa ada dermaga berkarat dan beberapa perahu tua yang ditelantarkan di tengah lanskap tandus. 

Mereka menyebutnya pulau menakutkan di tengah tempat yang dulunya merupakan air melimpah.

"Sekarang tidak ada air, ini adalah gurun di sini," kata Martinez kepada Reuters. "Hewan-hewan sekarat dan tidak ada yang bisa dilakukan di sini di laguna lagi."

Tags : danau penuelas , danau di chili

Berita Terkait