2407 Jiwa Terdampak Banjir Bandang di Leuwiliang Bogor

| Jum'at, 24/06/2022 20:30 WIB
2407 Jiwa Terdampak Banjir Bandang di Leuwiliang Bogor Banjir bandang di Leuwiliang, Kabupaten Bogor (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Banjir bandang menerjang wilayah Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu 22 Juni 2022 lalu. Peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi yang cukup lama mengguyur wilayah tersebut dan mengakibatkan Sungai Cisarua meluap.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan bahwa berdasarkan laporan dariBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, sebanyak 602 KK/2.407 jiwa terdampak dan tiga orang warga mengalami luka ringan setelah sempat terseret arus banjir bandang.

Sementara itu, kata Abdul Muhari, BPBD Kabupaten Bogor mencatat kurang lebih 600 unit rumah terdampak, 1 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat, akses jalan desa penghubung antara RT 01, 02, 03, 04 dan 06 terputus dan satu gedung pesantren Al-Insyiro terdampak.

“Tim gabungan segera mengambil tindakan cepat di lapangan dan berkoordinasi dengan lintas instansi terkait,” ungkap Abdul Muhari.

BNPB, lanjut Abdul Muhari, mengimbau Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

“Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam, maka diimbau agar evakuasi sementara secara mandiri ke lokasi yang lebih aman,” tukasnya.

 

 

 

 

Tags : Banjir Bandang , Leuwiliang Bogor

Berita Terkait