Gus Halim Perjuangkan Dana Operasional Pemerintahan Desa

| Kamis, 30/06/2022 21:44 WIB
Gus Halim Perjuangkan Dana Operasional Pemerintahan Desa Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Foto: kemendes)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar terus memperjuangkan dana operasional untuk pemerintahan desa.

"Ini saya masih bersikeras berjuang sehingga regulasi ada dana operasional. Doakan saja mudah-mudahan gol di nomenklatur dana operasional pemerintah desa," kata Menteri Abdul Halim di Banyuwangi, 28 Juni 2022 lalu.

Gus Halim, sapaan akrabnya, merespons keluhan dari para kepala desa di wilayah Banyuwangi yang selama ini tidak memiliki anggaran khusus dana operasional. Sementara keberadaan perangkat desa selalu dituntut hadir di setiap kegiatan maupun persoalan yang dihadapi warganya.

“Sedangkan persoalan kedua yang sering digelisahkan oleh kepala desa adalah soal masa jabatan dan periodesasi,” katanya.

Gus Halim menyampaikan bahwa saat ini masa jabatan kepala desa terlalu singkat, sehingga mereka meminta agar diperpanjang dengan kompensasi periodesasi dikurangi hanya menjadi dua periode. Menurutnya, wacana penambahan masa jabatan yang diikuti pemangkasan periodesasi jabatan kepala desa sudah menjadi pembahasan di tingkat nasional. 

“Selain itu, sedang dibahas simulasi agar Pilkades tidak berdekatan dengan pelaksanaan Pilbup, Pilgub dan Pilpres,” tandasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa