Jelang Fase Armuzna, Jemaah Haji Diminta Istirahat Agar Tetap Fit

| Senin, 04/07/2022 20:02 WIB
Jelang Fase Armuzna, Jemaah Haji Diminta Istirahat Agar Tetap Fit tenda jemaah haji (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Kepala Pusat Kesehatan Haji dr. Budi Sylvana meminta semua petugas kesehatan mengkampanyekan jamaah haji istirahat tiga hari menjelang Arafah Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

“Paling tidak tiga hari sebelum armuzna, Jemaah perbanyak istirahat di hotel, pastikan stamina dan kesehatan terjaga sebelum puncak haji” kata Budi dalam keterangannya lewat kemenkes, Minggu 3 Juli 2022.

Budi mengharapkan jemaah haji Indonesia dapat beribadah dalam kondisi kesehatan yang terbaik. Mengingat 63 persen jemaah haji Indonesia merupakan jemaah Haji Risti, sehingga jamaah perlu menghemat energinya untuk dapat aktifitas ibadah dengan prima di armuzna.

“Agar Jemaah tidak lelah dan stress. Hal ini bisa memicu kekambuhan penyakit. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan istirahat” tambah Budi.

Sementara itu, Koordinator Promosi Kesehatan,  Edi Supriyatna mengatakan, pesan-pesan agar aktifitas fisik Jemaah haji disesuaikan dengan kondisi kesehatannya juga terus digaungkan.

“Materi promosi fokus pada minum jangan tunggu haus, minum air dicampur elektrolit (oralit), pemeriksaan kesehatan Jemaah haji yang memiliki penyakit komorbid, penggunaan masker dan paying agar terhindar dari sengatan matahari, berhenti merokok dan penyesuaian aktifitas untuk menghindari kelelahan terus kita gaungkan” tandasnya.

Tags : Haji 2022 , Kemenkes , Armuzna