Solusi Percepatan Pembangunan Desa, Gus Halim: Data Desa Berbasis SDGs Desa

| Jum'at, 08/07/2022 20:28 WIB
Solusi Percepatan Pembangunan Desa, Gus Halim: Data Desa Berbasis SDGs Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, solusi percepatan pembangunan desa adalah data desa berbasis SDGs Desa.

“Data desa berbasis SDGs desa inilah yang akan menjadi dasar berbagai rencana aksi percepatan pembangunan di desa,” kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar di Magelang, Jawa Tengah, Kamis 7 Juli 2022.

Gus Halim, sapaan akrabnya menyampaikan, Pemerintah desa lebih mengerti kondisi aktual yang terjadi di daerahnya. Menurutnya, Pemerintah desa menjadi komponen pemerintahan yang memiliki intensitas tinggi yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Misal kalau kita berbicara kemiskinan di Jakarta itu cenderung imajinatif. Tapi, kalau kita berbicara kemiskinan di desa, kita akan tahu di mana letaknya, siapa saja orangnya,” katanya.

Gus Halim juga memaparkan jumlah penduduk desa yang sangat tinggi. Setidaknya terdapat 71 persen dari jumlah populasi penduduk di Indonesia berdomisili di desa. Sedangkan sisanya adalah berada di kelurahan. Kondisi ini selaras dengan misi pembangunan Presiden Jokowi tentang membangun Indonesia dari Pinggiran, yaitu dari desa.

“Membangun Indonesia dari pinggiran adalah langkah yang tepat dan efektif. Karena 79 persen penduduk Indonesia ada di desa. Dengan data SDGs, segala program untuk desa yang dibuat oleh pemerintah akan mudah terlaksana,” tukasnya.

Tags : Gus Menteri , Dana Desa , SGDs Desa