Gus Halim: Kerja Sama Pemda dan Desa Kunci Percepat Pembangunan di Papua Barat

| Rabu, 27/07/2022 23:51 WIB
Gus Halim: Kerja Sama Pemda dan Desa Kunci Percepat Pembangunan di Papua Barat Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima audiensi Ketua Komisi I DPRD Provinsi Papua Barat, Abdullah Gazam dan masyarakat Papua Barat (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengatakan, kerja sama Pemerintah Daerah (Pemda) dan Desa merupakan kunci percepatan pembangunan desa di Papua Barat.

“Dalam proses percepatan pembangunan, akan lebih efektif jika Pemerintah Daerah masuk di dalam perencanaan pembangunan desa. Kemudian, setelah itu disesuaikan dengan hal yang menjadi pokok masalah dan kebutuhan pada daerah tersebut,”  kata Gus Halim saat saat menerima audiensi Ketua Komisi I DPRD Provinsi Papua Barat, Abdullah Gazam di Kantor Kemendes, Jakarta, Senin 25 Juli 2022 lalu.

Menurut Gus Halim, dalam mengentaskan Daerah tertinggal, diperlukan data-data distrik/wilayah yang berbasis SDGs Desa yang kompatibel dengan apa saja yang menjadi kebutuhan Masyarakat Desa di Papua Barat.

“Maka saya berharap agar ada data yang menjadi kebutuhan di wilayah tersebut, agar kebijakan yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa di wilayah tersebut,” katanya.

Gus Halim menyampaikan, pada prinsipnya, yang paling dibutuhkan dan paling efektif dalam menggerakkan ekonomi Desa di Papua Barat adalah pembangunan jalan.

“Karena bagaimana mungkin masyarakat Desa disana dapat menikmati hasil bumi mereka, bagaimana mungkin kantor pelayanan publik bisa berjalan, sementara akses jalannya tidak ada? Maka saya pikir, inilah kebutuhan dasar Desa di Papua Barat,” ujar Gus Halim.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Papua Barat, Abdullah Gazam mengapresiasi respon positif oleh Gus Halim. Ia berharap hasil pertemuan dengan Gus Halim dapat menggali potensi-potensi di Papua Barat.

“Karena mereka hanya minta keadilan, mereka hanya butuh penerangan, dan mereka hanya butuh pemerataan pembangunan," kata Gazam.

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa