Tingkatkan Literasi Dana Desa, Gus Halim Sambangi Jawa Pos

| Jum'at, 29/07/2022 20:52 WIB
Tingkatkan Literasi Dana Desa, Gus Halim Sambangi Jawa Pos Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengunjungi kantor redaksi Jawa Pos di Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 29 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Halim Iskandar mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pemahaman tentang fungsi dan manfaat dana desa bagi percepatan pembangunan desa salah satunya menggandeng media massa.

"Yang saya butuhkan paling mendasar adalah menyadarkan warga masyarakat, dan ini pasti media. Meskipun saya sudah melakukan dengan segala cara soal ini," kata Mendes PDTT Halim Iskandar.

Gus Halim-sapaan akrabnya menjelaskan, dengan publikasi yang masif maka diharapkan masyarakat akan tahu keberadaan dana desa, "Mereka juga secara otomatis akan turut terlibat mengawasi penggunaan atau pemanfaatan dana desa yang jumlahnya tidak sedikit," jelasnya.

Gus Halim juga berharap dengan jumlah pembaca Jawa Pos yang mencapai 842.000 per hari berdasarkan data Nielsen Consumer & Media View (CMV), kerja sama dalam publikasi desa yang sukses di bidang tertentu dapat ditiru oleh desa-desa lainnya yang memiliki kesamaan potensi.

Dalam kesempatan itu pula, Gus Halim menyampaikan soal data berbasis SDGs Desa yang lebih valid dibandingkan dengan data lembaga lainnya.

"Data yang valid itu penting sebagai dasar pengambilan kebijakan maupun penyaluran bantuan agar betul-betul tepat sasaran," tukasnya.

Oleh karena itu, Gus Halim ingin Jawa Pos menyadarkan warga desa tentang pentingnya data yang valid dan akurat, "Saya memberikan jawaban, kalau mau valid tanya ke desa Kalau desa mengatakan ini miskin saya yakin itu miskin. Itu sudah terbukti saat menyalurkan BLT Dana Desa saat Covid-19," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait