Kasatgas PMK Minta Pemerintah Daerah Punya Target Vaksinasi Hewan

| Kamis, 04/08/2022 19:02 WIB
Kasatgas PMK Minta Pemerintah Daerah Punya Target Vaksinasi Hewan Ketua Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Suharyanto (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Ketua Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Suharyanto menaruh perhatian besar terhadap progres penanganan PMK di daerah. Ia menekankan, setiap daerah harus memiliki target menjadi daerah bebas PMK tanpa vaksinasi.

“Meskipun hewan-hewan sudah divaksin, jika pencegahannya masih belum maksimal, maka penyebaran akan terus meningkat,” kata Suharyanto saat Rapat Koordinasi dengan pemerintah provinsi,  dan Kab/Kota se- Aceh, Rabu 3 Agustus 2022.

Karena itu, lanjut Suharyanto, pemilik hewan ternak diimbau untuk tetap memisahkan hewan yang sudah sembuh dari gejala klinis dari hewan lain yang belum terjangkit.

Dalam rapat koordinasi tersebut Suharyanto juga mengapresiasi bahwa Provinsi Aceh menjadi salah satu provinsi yang berhasil dalam penanganan Covid-19,  sehingga ia meyakini Provinsi Aceh bisa menangani kasus penyebaran PMK dengan baik, efektif dan efisien.

“Meskipun penyebaran PMK di Aceh cukup masif, namun ada 3 daerah yang masih bebas PMK tanpa vaksinasi, yaitu Kab. Aceh Tengah, Kab. Bener Meriah dan Kab. Kepulauan Simeuleu,” ungkapnya.

Diketahui, di Provinsi Aceh, progres pengobatan hewan ternak mencapai 86,98%. Dari kasus terkonfirmasi sebanyak 44.639, hewan yang sembuh secara klinis mencapai 38.828. Dengan ketersediaan vaksin sebanyak 7.000 dosis, yang terpakai sudah mencapai 6.700 dosis.

Tags : PMK , Hewan Ternak , Satgas PMK

Berita Terkait