Data Desa Kunci Pembangunan dan Entaskan Kemiskinan di Perdesaan

| Rabu, 10/08/2022 17:58 WIB
Data Desa Kunci Pembangunan dan Entaskan Kemiskinan di Perdesaan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menegaskan bahwa data desa jadi kunci penting dalam upaya menyalurkan pembangunan desa dan mengentaskan kemiskinan.

“Kalau mau mengatasi kemiskinan di desa itu ya harus by data. Dan data kemiskinan itu harus valid,” kata Mendes PDTT Halim Iskandar dalam rilisnya, Selasa 9 Agustus 2022.

Agar kepala desa mampu mengatasi kemiskinan berdasarkan fakta di lapangan, Gus Halim-sapaan akrabnya, memproyeksikan sistem data yang terintegrasi dan terupdate pada setiap pekannya. Hal itu agar dapat diakses dengan cepat oleh seluruh kepala desa.

“Kemendes sedang menyelesaikan sistem yang dapat memberikan ruang bagi kepala desa untuk menjawab dengan cepat dan tepat,” jelas Gus Halim.

Sehingga jika ada pertanyaan berapa data penduduk desa atau berapa data kemiskinan di desa tersebut, maka jawabannya berupa data dari seminggu yang lalu, bukan versi tiga tahun lalu.

"Saat ini pengumpulan data desa hampir rampung kita lakukan. Data-data inilah yang akan menjadi dasar berbagai aksi dalam mempercepat pembangunan desa demi kesejahteraan warga desa,” tukas Gus Halim.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa