PUPR Sebut Program IBM bidang Pemukiman di Serap Ribuan Tenaga Kerja

| Selasa, 20/09/2022 17:33 WIB
PUPR Sebut Program IBM bidang Pemukiman di Serap Ribuan Tenaga Kerja Sejumlah pekerja saat membangun jalan melalui progam padat karya (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR terus melanjutkan program infrastruktur kerakyatan yang dilakukan melalui skema Padat Karya atau Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengakatan, program IBM akan mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat karena program ini melibatkan langsung masyarakat.

“Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, IBM juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/pelosok,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Selasa, 20 September 2022.

Pada TA 2022, lanjut Menteri Basuki, dukungan infrastruktur bidang permukiman disalurkan di 694 lokasi dengan anggaran sebesar Rp285,7 miliar. Sementara itu, secara nasional, alokasi anggaran IBM bidang permukiman TA 2022 sebesar Rp2,11 triliun diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi 60.466 tenaga kerja.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah, Cakra Nagara mengatakan diproyeksikan program IBM TA 2022 di Jawa Tengah dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 5.152 orang atau setara 288.889 Hari Orang Kerja (HOK).

"Saat ini realisasi fisik padat karya bidang permukiman di Jawa Tengah yang sudah dilaksanakan secara fisik 34,75% dengan penyerapan keuangan 68,16% senilai Rp194,7 miliar. Tenaga kerja yang sudah terserap sebanyak 9.198 orang atau lebih besar dari target semula," kata Cakra Nagara.

Tags : Progam Padat Karya , IBM

Berita Terkait