Berbasis SDGs Desa, Gus Halim Luncurkan Sistem `Jembrana Satu Data Dari Desa`

| Rabu, 21/09/2022 15:54 WIB
Berbasis SDGs Desa, Gus Halim Luncurkan Sistem `Jembrana Satu Data Dari Desa` Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meluncurkan Sistem Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD) di Jembrana, Bali, Selasa, 20 September 2022.

“Sistem JSDDD mampu mengintegrasikan data pemerintah pusat, pemerintah daerah dan desa,” kata Mendes PDTT Halim Iskandar.

Gus Halim-sapaan akrabnya menjelaskan bahwa sistem JSDDD merupakan hasil inovasi Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, dimana sumber utama sistem ini berasal dari data berbasis SDGs Desa yang diolah dan bekerja sama dengan berbagai Kementerian dan Lembaga, hingga Perguruan Tinggi.

“Ini yang menarik, Kabupaten Jembrana memanfaatkan data SDGs Desa dengan cara menambahkan komponen informasi yang dibutuhkan oleh seluruh organisasi perangkat daerah atau OPD,” kata Gus Halim.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, pembangunan memerlukan data yang akurat dan terpadu antara lain data sosial ekonomi masyarakat, data infrastruktur dan kewilayahan.

“Jembrana Satu Data Dari Desa merupakan solusi satu data daerah yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah pusat, daerah dan desa sesuai dengan kepentingan tiap institusi,” katanya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa