BNPB: Usai Dilanda Hujan Lebat, Satu Desa di Tolitoli Terdampak Banjir

| Rabu, 21/09/2022 22:47 WIB
BNPB: Usai Dilanda Hujan Lebat, Satu Desa di Tolitoli Terdampak Banjir banjir (foto: BNPB)

RADARBANGSA.COM – Warga Desa Lelean Nono, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, terdampak banjir, Rabu 21 September 2022.

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, tinggi genangan banjir berkisar 20 hingga 50 cm itu terjadi setelah hujan lebat sehingga debit air sungai yang berada di Dusun Siapo meluap hingga menggenangi pemukiman warga.

“Sebanyak 200 KK di Desa Lelean Nono, Kecamatan Baolan, berdampak peristiwa ini,” kata Abdul Muhari dalam rilisnya.

Abdul Muhari menyampaikan, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah telah melakukan koordinasi dengan BPBD kabupaten terdampak. Di samping itu, koordinasi di tingkat desa dan kecamatan telah dilakukan yang ditindaklanjuti BPBD dengan asesmen di lapangan.

“Berdasarkan data inaRISK, sebanyak 10 kecamatan di Kabupaten Tolitoli memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Salah satu kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Baolan yang terdampak banjir saat ini,” tukasnya.

BNPB meminta kepada warga agar tetap melakukan upaya kesiapsiagaan antisipasi evakuasi atau pun tas siaga bencana, “Pastikan rute evakuasi secara aman, apabila membutuhkan pertolongan dapat menghubungi petugas setempat,” imbaunya.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait