Indonesia Harap UNIDO Dukung Percepatan Transformasi Energi Hijau

| Kamis, 22/09/2022 20:17 WIB
Indonesia Harap UNIDO Dukung Percepatan Transformasi Energi Hijau Pertemuan Menko Ekon, Airlangga Hartarto dan Direktur Jenderal UNIDO Gerd Muller di Nusa Dua Bali (foto: ekon)

RADARBANGSA.COM – Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal UNIDO (United Nations on Industrial Development Organization) Mr. Gerd Muller di sela-sela Trade, Investment and Industry Ministerial Meeting (TII-MM) di Nusa Dua, Bali, Kamis, 22 September 2022.

Dalam kesempatan itu, Airlangga Hartarto menyampaikan, Pemerintah tengah serius mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) karena memiliki cost yang sangat kompetitif, yang sekaligus dapat menjaga baseload yang diperlukan dalam pertumbuhan ekonomi, termasuk di sektor industry.

“Kami mengharapkan, dukungan dari UNIDO untuk Indonesia bisa terus berjalan, untuk percepatan transformasi energi hijau dan implementasi industry 4.0, serta peningkatan kapasitas industri nasional agar Indonesia bisa lebih kompetitif di pasar global,” kata Airlangga Hartarto dalam pers rilisya.

Menurut Airlangga, Indonesia menyiapkan instrumen alternatif seperti blended finance, terutama skema pembiayaan dengan menampung dana dari filantropi atau swasta, serta dari berbagai lembaga pengelola dana multinasional ataupun perencanaan, seperti ADB atau World Bank, untuk membantu dukungan pembiayaan pada program-program ekonomi hijau.

Sementara itu, Gerd Müller menyampaikan bahwa UNIDO akan terus berkomitmen dalam mendukung Indonesia melalui program-program yang telah dicanangkan, termasuk pengembangan di sektor industri dan EBT.

“UNIDO akan terus berkomitmen mendukung Indonesia melalui program-program yang telah dicanangkan,” kata Gerd Müller.

Tags : Indonesia , Energi Hijau