Menteri Basuki: Ruas Tol Sadang-Kutanagara Ditargetkan Rampung Desember 2022

| Kamis, 22/09/2022 23:09 WIB
Menteri Basuki: Ruas Tol Sadang-Kutanagara Ditargetkan Rampung Desember 2022 Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Dok Kementerian PUPR RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar - Sadang sepanjang 27,85 km.

"Kita akan selesaikan dulu ruas Sadang - Kutanagara 9 km pada Desember 2022 untuk mendukung arus libur Nataru (Natal dan Tahun Baru),” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, Jawa Barat, Kamis, 22 September 2022.

Menteri Basuki menyampaikan bahwa persoalan percepatan pembangunan jalan tol tersebut hanya masalah financial. Untuk itu, ia telah menghubungi Kementerian BUMN agar mendorong PT Jasa Marga untuk mempercepat penyelesaian termin pekerjaan kontruksin.

“Kita lihat persoalannya adalah masalah finansial. Saya sudah menghubungi Pak Wamen BUMN untuk bisa mendorong PT. Jasa Marga mempercepat penyelesaian termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen," kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menuturkan, tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan Swasta dengan kerjasama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga dan PT Wiranusantara Bumi.

"Kita coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. Untuk Lebaran 2023, kita coba sampai Gate Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gate Jati Asih 2024," tukasnya.

Tags : Tol Japek Selatan

Berita Terkait