Nguri-Nguri Budaya, Gus Muhaimin Pukul Gong Kyai Pradah di Blitar

| Minggu, 09/10/2022 12:35 WIB
Nguri-Nguri Budaya, Gus Muhaimin Pukul Gong Kyai Pradah di Blitar Abdul Muhaimin Iskandar (Wakil Ketua DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi semangat masyarakat Blitar yang kokoh mempertahankan tradisi dan budaya asli, seperti upacara adat siraman Gong Kyai Pradah di Alun-alun Lodoyo, Kabupaten Blitar yang digelar Minggu, 9 Oktober 2022.

"Saya termasuk pertama kali yang kaget, karena begitu antusias masyarakat begitu semangatnya masyarakat untuk betul-betul secara spiritual mengambil makna di balik upacara adat siraman Gong Kyai Pradah ini," kata Gus Muhaimin, sapaan akrabnya, di lokasi acara.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengaku bahagia atas semangat dan antusiasme ribuan masyarakat mengikuti upacara adat yang rutin digelar setiap tahun tersebut. 

"Ini membahagiakan untuk kita semua dan diiringi shalawat dan doa moga-moga semua tujuan harapan masyarakat di sini dan seluruhnya terkabul dan sukses. Termasuk saya berdoa kepada Allah semoga Bupatinya sukses, masyarakat Blitar makmur, masyarakat Blitar sejahtera," tutur Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin pun berharap event tersebut lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah pusat. Ia mendorong upacara adat siraman Gong Kyai Pradah bisa menjadi event pariwisata nasional.

"Dan yang menarik ini event yang rutin dan telah berlangsung sangat lama, karena itu saya berharap ini menjadi salah satu agenda pariwisata nasional yang memang memberikan kemajuan wisata termasuk meningkatkan kemajuan UMKM kita," ujar Gus Muhaimin.

"Saya mengundang seluruh masyarakat Indonesia tahun depan kita ketemu lagi di upacara adat siraman Gong Kyai Pradah," sambung keponakan Gus Dur ini.

Tak sendiri, acara itu turut dihadiri Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Bupati Blitar Rini Syarifah, Wabup Blitar Rahmat Santoso, Anggota DPR RI FPKB M Hasanuddin Wahid dan Anggia Ermarini, serta ribuan masyarakat Blitar dan sekitarnya.

Gong Kyai Pradah merupakan pusaka keramat yang ada di Kabupaten Blitar. Gong Kyai Pradah ini rutin disucikan setiap tahunnya di Bulan Maulid. Tahun ini siraman Gong Kyai Pradah digelar Minggu 9 Oktober 2022.

Gong Kyai Pradah dulunya bernama Kyai Bicak. Gong tersebut merupakan pusaka milik Panembahan Senopati, Raja Pertama Mataram Islam. Pusaka Gong Kyai Pradah ini berasal dari Ki Ageng Selo, seorang keturunan Majapahit yang terkenal sakti.

Tags : Gus Muhaimin , Blitar , Gong Kyai Pradah , Pariwisata

Berita Terkait