Wilayah Kabupaten Kebumen Dilanda Cuaca Ekstrem, 1 Orang Meninggal Dunia Terseret Banjir

| Rabu, 12/10/2022 17:24 WIB
Wilayah Kabupaten Kebumen Dilanda Cuaca Ekstrem, 1 Orang Meninggal Dunia Terseret Banjir Banjir di Kabupaten Kebumen (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen dilanda cuaca ekstrem seperti di Kecamatan Sadang, Kecamatan Alian, Kecamatan Kebumen, Kecamatan Pejagon, Kecamatan Adimulyo, Kecamatan Sruweng, dan Kecamatan Prembun.

“Kondisi cuaca ekstrem itu menyebabkan 1 orang meninggal dunia akibat terseret arus banjir,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Rabu, 12 Oktober 2022.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen melaporkan sebanyak 313 KK atau 1.253 orang terdampak banjir, 130 jiwa diantaranya masih terisolir. 313 unit rumah, 1 tiang PLN roboh, dan 3 titik tanggul jebol yang mengakibatkan 1 hektar area persawahan terendam.

“Sebagai langkah penanganan darurat, BPBD Kabupaten Kebumen telah memasang Sandbag pada tanggul yang jebol untuk mengurangi debit air yang mengalir,” tambah Abdul Muhari.

Sementara itu, lanjut Abdul Muhari, tanah longsor terjadi di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung mengakibatkan sebanyak 228 jiwa, 2 KK di antaranya sempat mengungsi namun saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Fenomena cuaca ekstrem juga mengakibatkan 57 unit rumah terdampak longsor,” katanya.

Menanggapi potensi cuaca ekstrem di Indonesia, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, telah memberikan beberapa arahan kesiapsiagaan menghadapi dampak cuaca ekstrem.

“Pemerintah daerah diminta untuk segera melakukan apel kesiapsiagaan untuk mengecek kesiapan alat, perangkat, dan personil dalam menghadapi cuaca ekstrem,” katanya.

Diketahui, BPBD Kabupaten Kebumen telah mendirikan dapur umum di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pasar Wadasmalang. 130 nasi bungkus dari Dinas Sosial P3A telah didistribusikan kepada warga yang masih terisolir akibat banjir.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait