Gus Halim Harap BUM Desa Kerja Sama dengan Perusahaan Swasta di Desa

| Senin, 17/10/2022 19:40 WIB
Gus Halim Harap BUM Desa Kerja Sama dengan Perusahaan Swasta di Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menyatakan salah satu prototipe BUM Desa yang patut ditiru adalah bisa bersinergi dengan setiap perusahaan swasta yang berlokasi di desa.

Gus Halim mencontohkan BUM Desa Mojoayu Sumber Makmur di Desa Mojoayu, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri yang berkolaborasi dengan perusahaan dalam pengadaan lahan parkir dan fasilitasi lahan parkir.

“Ini akan saya kabarkan kepada seluruh desa bahwa disini ada BUM Desa Mojoayu Sumber Makmur yang telah bersinergi dengan industri,” kata Gus Halim di Kediri, Minggu, 16 Oktober 2022.

Menurut Gus Halim, seyogyanya dunia industri khususnya yang berlokasi di desa itu harus memiliki dampak positif terhadap warga desa, tentunya melalui BUM Desa sebagaimana telah dilakukan oleh BUM Desa Mojoayu Sumber Makmur di Kediri.

“Dengan menggandeng perusahaan swasta, selain bermanfaat bagi warga desa juga berhasil meraup untung besar dari produk-produknya,” katanya.

Tentu saja hal itu tidak mudah, maka Gus Halim terus berupaya berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membicarakan hal tersebut.

“Saya ingin setiap ada perusahaan di mana pun berada maka harus berdampak pada desa dan tentu dampak pada desa itu harus melalui BUM Desa,” tukasnya.

Tags : BUM Desa , Gus Halim , Perusahaan Swasta

Berita Terkait