Desa Wisata Saba Budaya Baduy Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

| Senin, 17/10/2022 20:50 WIB
Desa Wisata Saba Budaya Baduy Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022 Rumah warga Baduy, Lebak Banten (foto: parekraf)

RADARBANGSA.COM -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan ke salah satu desa di Baduy, Lebak, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Diketahui, Desa Wisata Saba Budaya Baduy di Kabupaten Lebak, Banten, masuk dalam 50 Besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Menurut Meparekraf Sandiaga Salahudin Uno, Desa wisata ini memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang tinggi dengan mengandalkan konsep pariwisata berkelanjutan berbasis alam budaya dan ekonomi kreatif.

"Saya tadi melihat begitu banyak potensi mulai dari potensi budaya juga potensi alam," kata Menparekraf Sandiaga saat berkunjung ke Lebak, Sabtu, 15 Oktober 2022 lalu.

Desa dengan populasi 26.000 jiwa dan berada di ketinggian 300-600 meter di atas permukaan laut ini memiliki area bukit dan perkebunan yang sangat sejuk dan indah.

Adapun potensi kriya dan kulinernya ditopang dari hasil alam berupa anyaman bambu, madu dan gula aren serta potensi di sektor fesyen seperti gelang kayu, tas jinjing, serta pakaian kain khas suku Baduy.

"Saya sangat terharu karena ini desa pamungkas untuk penutup kunjungan 50 desa wisata dan langsung dieksekusi beberapa kebutuhan dan infrastruktur serta aksesibilitas yang kurang memadai. Untuk meningkatkan wisata dan lapangan pekerjaan," tukasnya.

Tags : Wisata Budaya Baduy , Parekraf

Berita Terkait