Tingkatkan Literasi Digital, Indonesia Kerja Sama dengan Google

| Selasa, 18/10/2022 18:46 WIB
Tingkatkan Literasi Digital, Indonesia Kerja Sama dengan Google Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM - Digitalisasi yang kian berkembang pesat membuat pekerjaan terkait digital saat ini menjadi lebih menarik. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya para youtuber dan content creator baru yang terus hadir, karena creative industry kini sangat menjanjikan.

Dalam lawatannya ke Washinton DC, Amerika Serikat pada Jumat, 14 Oktober 2022 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan dengan Vice President of Global Government Affairs and Public Policy Google Karan Bathia.

Kepada Karan Bathia, Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan, Indonesia mempunyai banyak perusahaan kecil dan mengengah. Hanya saja tingkat literasi digital dan familirisasi-nya masih rendah sehingga perlu untuk ditingkatkan.

“Pemerintah terus memikirkan bagaimana cara membangun infrastruktur digital sekaligus juga meningkatkan kemampuan masyarakat (SDM) dalam memanfaatkan teknologi digital,” kata Sri Mulyani dalam rilisnya, Selasa, 18 Oktober 2022.

“Indonesia fokus berinvestasi untuk membangun infrastruktur digital, terutama di remote area untuk meningkatkan konektivitas,” tambahnya.

Sri Mulyani menuturkan, Google dan Indonesia telah melakukan kerja sama melalui berbagai hal, diantaranyanya pembangunan jaringan kabel, program peningkatan kapasitas dengan membangun program digital service certificate untuk peningkatan digital skill - program yang baru diluncurkan tahun ini namun sudah melibatkan sekitar 20 ribu orang, serta program academy educreator yang mengajarkan bagaimana Youtube digunakan untuk pendidikan (edukasi). 

“Program ini menarik banyak peminat dari Indonesia dan dapat lebih dikembangkan untuk reskilling bagi masyarakat Indonesia,” tukasnya.

Tags : Digital , Google , Indonesia