Dua Kelurahan di Banyuwangi Terendam Banjir, BNPB: 1.445 KK Terdampak

| Selasa, 18/10/2022 19:17 WIB
Dua Kelurahan di Banyuwangi Terendam Banjir, BNPB: 1.445 KK Terdampak Banjir di Banyuwangi (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Dua kelurahan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terendam banjir usai diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada Senin, 17 Oktober 2022.

Menurut informasi yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB, banjir terjadi akibat aliran sungai terhambat material barang sepetir kotoran dan juga batang pohon, sehingga air meluap hingga rumah warga di Kelurahan Sobo dan Kelurahan Pakis.

“Sebanyak 1.445 Kepala Keluarga dan 1.445 unit rumah terdampak banjir dengan ketinggian muka air 20 - 50 sentimeter,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Selasa, 18 Oktober 2022.

Untuk melakukan penanganan, ungkap Abdul Muhari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi beserta tim gabungan telah berada di lokasi untuk melakukan asesment dan evakuasi terhadap warga terdampak.

“Dapur umum juga telah disediakan di Kebalenan untuk memenuhi kebutuhan bagi para warga terdampak,” imbuhnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi hingga Rabu, 19 Oktober 2022 di Wilayah Banyuwangi.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait