Resmi! Gus Halim Berangkatkan 121 Transmigran ke Tiga Kabupaten di Sulawesi

| Selasa, 18/10/2022 21:22 WIB
Resmi! Gus Halim Berangkatkan 121 Transmigran ke Tiga Kabupaten di Sulawesi Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar secara resmi memberangkatkan 121 transmigran asal Jatim ke tiga daerah di Sulawesi (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar secara resmi memberangkatkan sebanyak 121 transmigran asal Jawa Timur (Jatim) ke tiga lokasi tujuan di Sulawesi.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Halim Iskandar berharap keluarga yang berangkat ke daerah tujuan transmigrasi dapat meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan yang layak.

“Mudah-mudahan semua keluarga yang berangkat diberikan kesehatan, keberkahan, kemudahan rezeki yang banyak dan barokah serta putra-putri shaleh shaleha dan sukses untuk masa depan dan negara,” kata Mendes PDTT Halim Iskandar di Surabaya, Jatim, Senin, 17 Oktober 2022.

Untuk diketahui, lokasi atau daerah tujuan transmigrasi kali ini  yaitu Mahalona, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Raimuna Kabupaten Muna dan lokasi Watutinawu Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara; serta Lemban Tongo, Kabupaten Sigi Sulteng.

“Tiga lokasi yang akan ditempati para transmigran asal 13 Kabupaten di Jatim tersebut bukan pemukiman baru, melainkan memukiman yang sudah produktif bersama transmigran sebelumnya,” katanya.

Gus Halim-sapaan akrabnya menegaskan bahwa transmigran tidak dilepas begitu saja, melainkan akan ada pendampingan penuh dari Kemendes PDTT selama dua bulan. Disamping itu akan diberikan jaminan hidup layak serta evaluasi setelah lima tahun berjalan.

“Proses ekonominya terus berjalan dan didampingi serta terus dievaluasi. Jadi pendampingan kita itu lima tahun, baru diserahkan ke daerah,” tegasnya.

Tags : Gus Halim , Transmigrasi , Transmigran , Kemendes PDTT