Pemerintah Fokus Perbaiki Pelayanan Kesehatan di Tingkat Rujukan

| Kamis, 20/10/2022 18:08 WIB
Pemerintah Fokus Perbaiki Pelayanan Kesehatan di Tingkat Rujukan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono (Foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus fokus melakukan perbaikan pelayanan kesehatan di tingkat rujukan di berbagai daerah. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono dalam acara Seminar Nasional yang diselenggarakan PERSI (Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) di Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

“Kementerian Kesehatan tengah melakukan transformasi kesehatan yang salah satu pilarnya adalah pilar tranformasi layanan rujukan sebagai pilar kedua dari enam pilar. Ada tiga hal dalam pilar layanan rujukan yakni jejaring rujukan, perbaikan rumah sakit vertikal, dan kerjasama internasional,” ungkap Wamenkes Dante Saksono Harbuwono.

Menurut Dante, transformasi layanan rujukan dilakukan melalui program jejaring rujukan dan pengelompokkan rumah sakit menjadi 3 kategori, yakni Rumah Sakit Madya, Rumah Sakit Utama, dan Rumah Sakit Paripurna. 

“Pemerataan rujukan melalui optimalisasi jaringan rumah sakit nasional terhadap empat penyakit tersebut akan dicapai 100% pada tahun 2027, dan ditargetkan sudah terealisasi sebanyak 50% di tahun 2024,” ujarnya.

Lebih lanjut Dante menyampaikan bahwa Pemerintah juga menargetkan di 34 provinsi minimal harus mempunyai Rumah Sakit tingkat Paripurna dan Utama,

“Kemudian sebanyak 507 kabupaten/kota minimal harus memiliki Rumah Sakit tingkat Madya yang mampu melakukan pelayanan Kesehatan yang lebih baik daripada layanan yang ada sekarang,” tukasnya.

Tags : Rumah Sakit , Kemenkes

Berita Terkait