Maudy Ayunda Sebut G20 Komitmen Atasi Tantangan Ekonomi Global

| Kamis, 20/10/2022 21:35 WIB
Maudy Ayunda Sebut G20 Komitmen Atasi Tantangan Ekonomi Global Maudy Ayunda (Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia). (Foto: twitter @MediaWaveID)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda menyampaikan bahwa anggota G20 berkomitmen memecahkan tantangan ekonomi global pada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral di Washington DC, Amerika Serikat, pada 12-13 Oktober 2022.

"Kondisi ekonomi global yang kompleks ini menyebabkan semua negara tidak bisa hanya mengandalkan satu instrumen kebijakan saja. Diperlukan keseimbangan antara pemulihan ekonomi dan upaya menjaga stabilitas juga untuk mengurangi efek pandemi COVID-19," kata Maudy pada konferensi pers virtual, Kamis, 20 Oktober 2022.

Pertemuan keempat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 membahas enam agenda utama, yang pertama adalah soal ekonomi global. Anggota G20 sepakat bahwa tekanan terhadap harga pupuk, pangan dan energi masih terjadi.

Agenda kedua dalam pertemuan keempat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 adalah arsitektur keuangan internasional. Anggota G20 sepakat untuk memperkuat komitmen dalam memastikan ketahanan keuangan global jangka panjang termasuk alokasi pendanaan untuk mendukung negara yang paling rentan supaya bisa pulih bersama dan pulih lebih kuat.

Ketiga, regulasi sektor keuangan. Dalam isu itu anggota G20 berkomitmen dalam pengaturan dan pengawasan keuangan, terutama untuk menghadapi perkembangan sistem keuangan yang berbasis teknologi dan digitalisasi, seperti stablecoins serta aktivitas dan pasar aset kripto.

Keempat, mengenai investasi infrastruktur, anggota G20 sepakat untuk merevitalisasi investasi infrastruktur dengan cara yang inklusif dan terjangkau serta berkelanjutan, termasuk meningkatkan partisipasi sektor swasta juga mobilisasi pendanaan di masing-masing daerah.

Agenda kelima adalah keuangan berkelanjutan. Anggota G20 menyepakati dan mendukung laporan keuangan berkelanjutan G20 2022 yang mencakup tiga area prioritas agenda keuangan berkelanjutan tahun 2022.

Agenda terakhir yang dibahas pada pertemuan keempat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 adalah perpajakan internasional. Anggota G20 kembali menegaskan komitmen mereka untuk menerapkan paket pajak internasional pilar satu dan dua dengan cepat dan mendukung kemajuan terkait penerapan standar transparansi pajak yang disepakati secara internasional, termasuk penandatanganan Asia Initiative Bali Declaration pada Juli 2022.

Tags : Presidensi , G20 , Indonesia , Maudy Ayunda , Juru Bicara

Berita Terkait