Kemnaker Berhasil Pulangkan 5 ABK LG dari Taiwan

| Senin, 24/10/2022 22:08 WIB
Kemnaker Berhasil Pulangkan 5 ABK LG dari Taiwan Dirjen Binapenta & PKK) Kemnaker, Suhartono (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berhasil memulangkan lima (5) Anak Buah Kapal (ABK) berstatus Letter of Guarantee (LG/surat jaminan) di Kapal MV Uniprofit berbendera Belize yang sempat terdampar di Taiwan selama hampir 7 bulan.

Dirjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan, Suhartono, menyampaikan bahwa permasalahan ini sudah ditangani oleh Pemerintah Indonesia melalui KDEI Taipei dan Kemnaker, serta kementerian/lembaga terkait sejak pertama kali laporan diterima oleh KDEI Taipei. 

"Kemnaker terus melakukan koordinasi secara intens dengan KDEI di Taipei untuk dapat melakukan Negosiasi dan upaya-upaya agar para ABK LG tersebut dapat segera dipulangkan," kata Suhartono dalam rilisnya, Minggu, 23 Oktober 2022.

Suhartono menjelaskan, hambatan pemulangan disebabkan adanya aturan minimum safety manning, sehingga para ABK LG Indonesia tidak dapat turun kapal untuk pulang ke Indonesia sebelum adanya kru pengganti. 

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KDEI Taipei, otoritas di Taiwan, dan kementerian/lembaga terkait yang telah membantu mengupayakan pemulangan ini," jelasnya.

Suhartono menambahkan, pihaknya telah memantau proses pemulangan ini mulai dari penjemputan para ABK di Pelabuhan Kaohsiung, dilanjutkan di Bandara Internasional Kaohsiung, dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu, 23 Oktober 2022. 

"Alhamdulillah seluruh proses dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya kami akan serah terimakan kepada BP3MI Banten untuk membantu dalam proses pemulangan ke daerah asal," ujarnya. 

Tags : ABK Indonesia , Kemnaker

Berita Terkait