Di Hadapan Pengusaha Singapura, Menkes Budi Paparkan Inovasi dan Transformasi Kesehatan

| Rabu, 26/10/2022 16:08 WIB
Di Hadapan Pengusaha Singapura, Menkes Budi Paparkan Inovasi dan Transformasi Kesehatan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjadi keynote presentation pada acara Singapore Week of Innovation and Technology di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Selasa, 25 Oktober 2022. Acara ini dihadiri ratusan pengusaha, industriawan teknologi informasi serta akademisi Singapura.

Dalam kesempatan, Menkes Budi Gunadi Sadikin memaparkan peran inovasi dan teknologi digital untuk transformasi kesehatan Indonesia. Di Indonesia sendiri, katanya, fokus bioteknologi dan investasi dalam program tranformasi Kesehatan.

“Melalui transformasi teknologi kesehatan ditargetkan untuk meningkatkan diagnosis dan terapi bagi penyakit yang signifikan di Indonesia seperti Diabetes, Tuberkulosis, Stroke, dan lainnya” ujar Menkes Budi.

Menurut Menkes Budi, berbagai upaya yang dilakukan Indonesia dalam melaksanakan transformasi teknologi kesehatan, mulai dari implementasi BGSi, Platform Satu Sehat, serta Transformasi Peduli Lindungi menjadi Citizen Health Apps.

Melalui Satu Data Kesehatan, imbuhnya, diharapkan terjadinya sinkronisasi data di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Mulai dari 10.260 Puskesmas, 11.347 Klinik, 2.985 rumah sakit, 5.862 praktek dokter dan dokter gigi, 1.400 laboratorium, dan 30.199 Apotik dapat terintegrasi.

“Transformasi PeduliLindungi menjadi citizen Health Apps didukung dengan fakta sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat setidaknya diakses oleh lebih dari 95 juta masyarakat Indonesia,” katanya.

Sebagai katalisator Digital Health Ecosystem, lanjut Menkes Budi, Kemenkes mengajak sebanyak-banyaknya kemungkinan kolaborasi dengan pemangku kepentingan seperti universitas, industri peralatan medis, komunitas, startup, layanan kesehatan, dan penyedia asuransi. Potensi kolaborasi yang dijajaki meliputi sharing knowledge hingga mitra implementasi.

“Investasi dalam teknologi kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan resiliensi kesehatan indonesia serta meningkatkan nilai untuk kesehatan” tukasnya.

Tags : Transformasi Kesehatan , Inovasi

Berita Terkait