Dukung UMKM, Kemnaker Gelar G20 Entrepreneurship Roundtable 2022

| Rabu, 26/10/2022 17:37 WIB
Dukung UMKM, Kemnaker Gelar G20 Entrepreneurship Roundtable 2022 Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) selaku focal point Presidensi G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan menggelar G20 Entrepreneurship Roundtable 2022 secara virtual, Rabu, 26 Oktober 2022.

Saat menyampaikan keynote speech, Sekretaris Jenderal Kemnaker mengatakan, acara side event Presidensi G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan itu bertujuan untuk mendukung pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan dan inklusif, serta penciptaan lapangan kerja yang lebih stabil.

“Upaya kolektif kami untuk terus mempromosikan kewirausahaan dan mendukung UMKM sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja, sejalan dengan komitmen kami dalam Pertemuan Menteri-menteri Ketenagakerjaan G20 (G20 Labour and Employment Ministers Meeting/LEMM)," kata Anwar Sanusi.

Anwar menjelaskan bahwa The G20 Entrepreneurship Roundtable 2022 mengusung tema  Kewirausahaan Inklusif dan Berkelanjutan sebagai Instrumen Penciptaan Lapangan Kerja. Agenda ini melibatkan negara-negara anggota G20, organisasi internasional, pelaku bisnis, akademisi, dan stakeholders lainnya yang terkait dengan isu kewirausahaan dan perluasan kesempatan kerja.

"Saya berharap hasil diskusi dalam G20 Roundtable Entrepreneurship 2022 akan berdampak dalam mendukung kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja," katanya.

Untuk diketahui, dalam acara itu disepakati tiga rekomendasi pertama, mendukung lingkungan bisnis yang kondusif dan memformalkan perusahaan. Kedua, mempromosikan kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan.

Terakhir, membantu pengusaha dan UMKM mengatasi tantangan dan mempertahankan perkembangan mereka. Keempat, melindungi hak dan kepentingan pengusaha, UMKM, dan karyawannya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah