Pemerintah Lakukan Penanganan Darurat Bencana Banjir di Jawa Timur

| Kamis, 27/10/2022 21:42 WIB
Pemerintah Lakukan Penanganan Darurat Bencana Banjir di Jawa Timur Komisi V DPR RI meninjau lokasi banjir di Kabupaten Blitar, (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penanganan darurat bencana banjir yang terjadi di Provinsi Jawa Timur yang meliputi Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Trenggalek.

“Kami sudah instruksikan agar segera menurunkan sejumlah alat berat ke lapangan, yakni perahu karet bermesin sebanyak 6 unit, mobile truck pump berkapasitas 160 liter/detik, excavator dan kawat bronjong,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko di Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2022.

Jarot menyampaikan, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Kementerian PUPR saat ini telah menurunkan sejumlah alat berat ke lapangan, yakni 1 unit perahu karet 6 penumpang, 2 unit mobile pump kapasitas  160 liter/detik (banjir trenggalek), 1 unit pompa kapasitas 500 liter/detik ( banjir blitar ), excavator, dan kawat bronjong.

“Untuk penanganan darurat akan dilakukan normalisasi Kali Ngasinan, Munjungan sepanjang 7 km, proteksi Bronjong sepanjang 2 km pada pertemuan kali Mbambang dan Kali Panguluran, serta normalisasi sepanjang 3 km,” katanya.

Diketahui, banjir di empat kabupaten tersebut terjadi disebabkan karena hujan dengan intesitas tinggi mulai hari Minggu 16 Oktober 2022 lalu selama 8 jam serta meluapnya Kali Bogel, Glidik dan Panguluran.

“Banjir dengan ketinggian hingga mencapai 1 meter mengakibatkan puluhan warga mengungsi,” tukasnya.

Tags : Banjir , BNPB