PUPR Pastikan Semua Persiapan Dukung KTT G20 Telah Selesai

| Senin, 31/10/2022 19:58 WIB
PUPR Pastikan Semua Persiapan Dukung KTT G20 Telah Selesai Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono menyampaikan bahwa semua penataan dan peningkatan infrastruktur untuk persiapan mendukung KTT G20 tahun ini telah selesai. Hal itu diungkapkannya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 31 Oktober 2022.

"Untuk persiapan G20, semua sudah selesai," ujar Basuki.

Dijelaskannya, persiapan tersebut meliputi penataan dan peningkatan infrastruktur di Tahura Mangrove Ngurah Rai Bali dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta untuk KTT G20 sudah selesai. Kementerian PUPR juga telah merampungkan persiapan penataan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) untuk mendukung perhelatan KTT G20.

"Sudah (selesai) semua," kata Basuki.

Kementerian PUPR melakukan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua. Nantinya, lanjut Basuki, kawasan ini akan digunakan sebagai showcase mangrove bagi para pimpinan negara dan delegasi yang hadir. Di samping pekerjaan area persemaian mangrove, lingkup pekerjaan lainnya meliputi pembangunan gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan.

Kementerian PUPR juga melakukan renovasi infrastruktur serta sarana prasarana di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta menjelang persiapan Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR terhadap kawasan TMII meliputi beberapa jenis pekerjaan. Mulai dari penataan area gerbang utama, dan renovasi joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno. Kemudian, renovasi area museum yang meliputi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Museum Keong Mas.

Tags : PUPR , KTT G20 , Bali , Jakarta , TMII , Indonesia