Pasca Bencana Longsor, Pemerintah Buka Jalan Trans Sulawesi Majene-Mamuju

| Senin, 31/10/2022 20:33 WIB
Pasca Bencana Longsor, Pemerintah Buka Jalan Trans Sulawesi Majene-Mamuju Alat berat diterjunkan untuk memperbaiki jalan yang rusak akibat longsor di Trans Sulawesi (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah pusat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penanganan pembukaan lajur Jalan Nasional Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Mamuju dengan Majene, Sulawesi Barat yang terputus akibat longsor pada Kamis, 27 Oktober 2022 lalu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, saat ini telah dilakukan penanganan pembukaan jalan pada ruas yang terkena imbas longsor yang diakibatkan oleh hujan yang mengguyur wilayah tersebut dan sudah dibuka untuk satu lajur kendaraan.

"Alhamdulillah sudah fungsional 1 lajur hari ini Sabtu, 29 Oktober 2022 pada 17.43 WITA. Karena longsoran cukup besar, pengerjaan pembersihan untuk pembukaan dua lajur akan dilakukan secara hati-hati, sehingga membutuhkan waktu," kata Hedy.

Untuk selanjutnya, dikatakan Hedy Kementerian PUPR segera menyiapkan penanganan permanen untuk mencegah terulangnya longsor, "Saat ini tim sudah berada di lapangan untuk menyiapkan desain permanen penataan lereng secara menyeluruh," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Barat Kementerian PUPR Sjofa Rosliansjah mengatakan, untuk penanganan darurat telah mengerahkan tujuh unit alat berat untuk membersihkan material akibat longsoran.

"Selama pembersihan, lalu lintas diatur dengan skema buka-tutup berkoordinasi dengan Kepolisian serta dilengkapi dengan rambu pengamanan. Pengguna jalan diharapkan berhati-hati, lalu lintas akan ditutup saat hujan untuk mengurangi resiko kecelakaan tertimbun longsoran," kata Sjofa.

Tags : Jalan Trans Sulawesi

Berita Terkait