Tingkatkan Komoditas Gula, Presiden Jokowi Siapkan 700 Ribu Hektare Lahan Tebu

| Jum'at, 04/11/2022 16:38 WIB
Tingkatkan Komoditas Gula, Presiden Jokowi Siapkan 700 Ribu Hektare Lahan Tebu Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Dalam lawatannya ke Jawa Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanaman tebu di Kebun Tebu Temu Giring, Kabupaten Mojokerto, Jumat, 4 November 2022.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mendorong kemandirian Indonesia di bidang pangan, termasuk untuk komoditas gula. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 700 ribu hektare untuk ditanami tebu.

“Akan saya siapkan yang 700 ribu hektare itu. Sekarang baru dapat 180 ribu hektare, kita butuhnya 700 ribu hektare. Akan saya siapkan,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa budaya menanam tebu yang baik memang di Jawa Timur, Jawa Tengah bagus, dan Jawa Barat, “Nanti kita akan lari ke luar Jawa, karena kalau lahan 700 ribu hektare juga bukan lahan yang kecil. Tapi ini akan dengan sekuat tenaga akan saya akan siapkan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi secara resmi memulai program “Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi” yang digelar di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), Kabupaten Mojokerto.

“Kita telah memulai menanam tebu yang ditanam secara modern dan kita harapkan nanti produktivitas dari tanaman itu menjadi lebih baik dan lebih meningkat,” ujar Presiden Jokowi.

Tags : Presiden Jokowi , Komoditas Gula , Lahan Tebu