Menkes Budi Sebut 10 Juta Vaksin COVID-19 Dalam Negeri Mulai Disalurkan

| Selasa, 08/11/2022 20:55 WIB
Menkes Budi Sebut 10 Juta Vaksin COVID-19 Dalam Negeri Mulai Disalurkan Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa sekitar 10 juta dosis vaksin COVID-19 produksi dalam negeri mulai disuntikkan pada masyarakat yang menjadi sasaran pemberian vaksin pada bulan November ini. Langkah tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dosis penguat atau booster.

"November ini kami harapkan ada 5 juta dosis vaksin dalam negeri yang bisa kita pakai dan Desember juga ada 5 juta dosis lagi. Sehingga total yang bisa dibeli dan dimanfaatkan tahun ini 10 juta dosis," ujar Menkes seperti dilansir dari antaranews, Selasa, 8 November 2022.

Budi mengatakan sebagian besar vaksin dalam negeri akan dimanfaatkan untuk memberikan dosis penguat atau booster kepada masyarakat. Vaksin yang dimaksud adalah vaksin IndoVac berplatform rekombinan protein subunit yang dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, USA.

Vaksin dalam negeri berikutnya, adalah InaVac berplatform inactivated virus dikembangkan tim peneliti dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan produsen PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Budi mengatakan pemerintah membeli vaksin 3,6 juta dosis vaksin IndoVac dan 1,5 juta dosis vaksin InaVac pada November 2022 untuk menutupi kebutuhan 4,94 juta sasaran booster. Pembelian kedua vaksin berlanjut pada Desember 2022 masing-masing 1,4 juta dosis vaksin IndoVac dan 3,5 juta dosis InaVac untuk menutup kebutuhan 5,11 juta lebih sasaran.

Tags : Menteri Kesehatan , Vaksin , COVID-19 , Booster , Indonesia