RS Jantung Harapan Kita Bakal jadi RS Pertama Transplantasi Jantung di Indonesia

| Rabu, 09/11/2022 19:01 WIB
RS Jantung Harapan Kita Bakal jadi RS Pertama Transplantasi Jantung di Indonesia Wamenkes Dante Saksono Harbuwono meluncurkan gedung baru Pelayanan Kardiovaskular di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr. Dante Saksono Harbuwono meluncurkan gedung baru Pelayanan Kardiovaskular di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (Harkit), Jakarta, Rabu, 9 November 2022.

Menurut Wamenkes Dante, ke depan RS Jantung tersebut akan melakukan transplantasi jantung yang pertama di Indonesia, “Hari ini saya mengunjungi fasilitas baru ventrikel Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Fasilitas baru ini merupakan bentuk evaluasi jangka panjang dari pengalaman selama 37 tahun Rumah Sakit Jantung Harapan Kita dalam melayani pasien jantung,” ujar Wamenkes Dante.

Dante berharap gedung tersebut menjadi jawaban untuk penyelenggaraan kesehatan penyakit jantung khususnya pada anak-anak. Di mana di Indonesia, setiap tahunnya angka kejadian dari penyakit jantung bawaan mencapai 43.200 kasus dari 4,8 juta kelahiran hidup. 

“Penyakit jantung masih merupakan masalah di Indonesia. Pembangunan gedung baru pelayanan jantung itu untuk menunjang pengembangan transplantasi jantung di Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Dante, beberapa fasilitas penunjang yang ada di gedung baru itu antara lain penambahan jumlah kamar operasi untuk anak-anak, dan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasi yang dibutuhkan untuk anak-anak Indonesia.

“Transplantasi jantung akan dikembangkan di kemudian hari di gedung ini (gedung baru) karena sudah mempunyai SDM yang mumpuni, fasilitasnya juga sudah cukup,” tukasnya.

Tags : RS Jantung Harapan Kita

Berita Terkait