Gus Halim Buka Pameran Buku Internasional IIBF di JCC

| Rabu, 09/11/2022 19:26 WIB
Gus Halim Buka Pameran Buku Internasional IIBF di JCC Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi pameran buku IIBF di JCC (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar membukan pameran buku, Indonesia International Book Fair (IIBF) di Jakarta Convention Center (JJS), Jakarta, Rabu, 9 November 2022. IIBF 2022 ini merupakan hasil kerja sama antara Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan Kementerian Desa PDTT.

Dalam kesempatan itu, Gus Halim-sapaan akrabnya mengatakan, IIBF ke-42 yang diikuti ratusan penerbit dari berbagai negara itu merupakan ajang mengkampanyekan buku sebagai nadi kehidupan sebuah bangsa sekaligus proses dialog antara penulis dengan pembaca.

“Ini akan menghindarkan kesalahan tafsir terhadap sebuah ilmu, sekaligus membantu penulis untuk mendapatkan input untuk perbaikan karyanya,” katanya.

Bagi Gus Halim, buku adalah media mendialogkan dan mentransformasikan gagasan dengan cara bertatap muka antara guru dengan murid secara face to face, agar kemampuan peserta didik dapat terukur, karenanya pendidik harus mendengar dan menyimak langsung dari guru.

“Buku dan artikel yang saya tulis (di Buku SDGs Desa), tentu, merefleksikan apa yang saya kerjakan, bersumber dari pengetahuan yang saya dapatkan, baik dari proses pembelajaran dengan guru, dengan membaca, maupun berdiskusi dengan rekan sejawat,” jelas Gus Halim.

Sementara itu, Ketua Panitia IIBF 2022 Wahyu Rinanto menjelaskan, pameran buku bertaraf internasional yang telah ada sejak tahun 1980 itu akan diikuti oleh 134 peserta dari dalam maupun luar negeri dengan target jumlah pengunjung sebanyak 25.000 orang.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemendes PDTT atas dukungannya dalam kegiatan ini,” jelas Wahyu.

Tags : IIBF , Pameran Buku , Gus Halim

Berita Terkait