Pemerintah Targetkan Bendungan Tamblang Bali `Impounding` Akhir 2022

| Kamis, 17/11/2022 18:24 WIB
Pemerintah Targetkan Bendungan Tamblang Bali `Impounding` Akhir 2022 lokasi dekat bendungan Tamblang Bali (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan penyelesaian pembangunan Bendungan Tamblang di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, bendungan yang diproyeksi memiliki kapasitas tampungan sebesar 7,6 juta m3 ini ditargetkan dapat dilakukan pengisian awal (impounding) pada akhir 2022, sehingga dapat segera dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi seluas 588 hektare di Daerah Irigasi (DI) Bungkulan dan D.I Bulian.

"Kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal," kata Menteri Basuki dalam rilisnya, Kamis, 17 November 2022.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa Bendungan Tamblang menjadi bendungan dengan inti aspal pertama yang dibangun di Indonesia (Asphalt Core Concrete Embankment Dam - ACCED). Teknologi ini bisa menjadi contoh untuk pembangunan bendungan di Indonesia karena lebih murah dan lebih stabil (flexible).

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, Bendungan Tamblang mulai dikerjakan pada tahun 2018 dengan biaya sekitar Rp793 miliar.

“Konstruksi bendungan dikerjakan oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP) - Adijaya (KSO),” katanya.

Tags : Bendungan Tamblang Bali

Berita Terkait