Turunkan Rasio AKI, Pemerintah Perkuat Layanan Kesehatan Ibu dan Anak di 6 RS Vertikal

| Kamis, 17/11/2022 21:34 WIB
Turunkan Rasio AKI, Pemerintah Perkuat Layanan Kesehatan Ibu dan Anak di 6 RS Vertikal Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan ground breaking gedung pelayanan kesehatan ibu dan anak secara serentak di 6 Rumah Sakit Vertikal milik pemerintah secara simbolis di RSUP Prof.I.G.N.G. Ngoerah di Denpasar, Bali, Kamis, 17 November 2022.

Menkes Budi menjelaskan bahwa pembangunan ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 untuk menurunkan rasio angka kematian ibu (AKI) menjadi kurang dari 70 per 100.000 kelahiran, Mengakhiri kematian yang dapat dicegah pada bayi baru lahir dan balita,  Mengurangi angka kematian neonatal menjadi setidaknya kurang dari 12 per 1000 kelahiran dan menurunkan angka kematian balita hingga serendah 25 per 1000 kelahiran.

“Sangat penting dilakukan peningkatan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan ibu dan anak. Saya sangat berterima kasih kepada IsDB yang telah memberikan dukungan anggaran sebesar 293 juta dolar AS untuk memperluas enam rumah sakit nasional untuk fasilitas kesehatan bu dan anak,” ujar Menkes Budi.

Diketahui, 6 rumah sakit ada di 5 provinsi, yakni Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Rumah Sakit Persahabatan Provinsi DKI Jakarta; Rumah Sakit Dr Hasan Sadikin di Bandung, Provinsi Jawa Barat; RSUP Dr. Sardjito di Provinsi D.I Yogyakarta; RSUP Prof.I.G.N.G. Ngoerah di Denpasar, Provinsi Bali; dan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Islamic Development Bank (IsDB) diwakili oleh Presiden Muhammad Sulaiman Al Jasser.

Tags : Kesehatan Ibu , Bayi Baru Lahir

Berita Terkait