Pemerintah Bakal Bangun Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur

| Selasa, 22/11/2022 17:10 WIB
Pemerintah Bakal Bangun Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur Gempa Cianjur (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyatakan, pemerintah akan terus melakukan pendataan dan membangun rumah bagi warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

“Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat akan diganti oleh pemerintah, begitu tanggap darurat selesai masuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, setelah itu baru membangun rumah-rumah masyarakat yang rusak berat,” kata Kepala BNPB, Suharyanto di Cianjur, Selasa, 22 November 2022.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan dukungan penuh untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur pendukung lainnya. “Sarana-sarana lain seperti pendidikan, masjid, dan madrasah yang rusak akan dibantu oleh kementerian terkait,” ujarnya.

Diketahui, gempa magnitudo M5,6 mengguncang kota Cianjur pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21.10 WIB. Dengan episenter pada koordinat 6,86° LS ; 107,01° BT atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat.

Sementara itu, dilansir bnpb, warga meninggal dunia pasca gempa bumi di Cianjur, masih terus bertambah. Data per Selasa (22/11) pukul 09.55 WIB dilaporkan 103 orang meninggal dunia. Mayoritas warga meninggal karena tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk saat peristiwa terjadi. Selain itu, 25 orang masih dilaporkan hilang. Pencarian masih terus dilakukan hingga hari ini.

Tags : BNPB , Gempa Cianjur

Berita Terkait