Pasca Gempa Cianjur, 3.175 Nakes Telah Diterjunkan di 194 Titik Pengungsian

| Rabu, 30/11/2022 18:02 WIB
Pasca Gempa Cianjur, 3.175 Nakes Telah Diterjunkan di 194 Titik Pengungsian Gempa Cianjur (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Sebanyak 3.175 orang tenaga kesehatan telah disebar pada 194 titik pengungsian di delapan kecamatan pascagempa M5,6 Cianjur, Jawa Barat, yakni di Kecamatan Pacet, Cugenang, Gekbrong, Warungkondang, Mande, Cilaku, Cibeber, dan Cianjur.

“Tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter umum, perawat, ahli gizi, bidan, apoteker, tenaga surveilans, kesehatan lingkungan, terapis, psikolog dan beragam dokter spesialis mendukung pelayanan kesehatan warga terdampak,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Rabu, 30 November 2022.

Di samping itu, jelas Abdul Muhari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur telah melakukan Rapid Health Assessment (RHA), melakukan mobilisasi untuk memberikan pelayanan kesehatan di beberapa titik pengungsi, serta melakukan pendataan ketersediaan obat, kelompok rentan dan tren penyakit di titik pengungsian.

“Untuk mengantar korban yang membutuhkan operasi atau penanganan di fasilitasi kesehatan, telah tersedia 16 ambulans yang secara bergantian mengantar dan menjemput warga terdampak,” katanya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dihimpun oleh Klaster Kesehatan Penanganan Gempabumi n Cianjur per Minggu (27/11), tercatat 5 kasus terbanyak yang ditemukan di pos kesehatan dan puskesmas adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), gastritis, hipertensi, diare dan diabetes.

Tags : Gempa Cianjur , BNPB

Berita Terkait