Di Sela-sela Kunker ke Korsel, Menaker Ida Temui Pekerja Migran Indonesia

| Senin, 05/12/2022 17:01 WIB
Di Sela-sela Kunker ke Korsel, Menaker Ida Temui Pekerja Migran Indonesia Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (tengah) (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Dalam kunjungannya ke Korea Selatan atau Korsel, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan rombongan melakukan pertemuan dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di negeri ginseng itu pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Dalam pengantarnya, Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa para pekerja migran bukan hanya sebagai pahlawan devisa bagi bangsa Indonesia yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional, melainkan juga sebagai duta bangsa yang memperkenalkan kekayaan wisata, budaya, dan kuliner Indonesia yang luar biasa ragamnya kepada khalayak luar di negara penempatan. 

"Untuk itu Saudara-saudara harus bekerja dengan penuh rasa syukur, sehingga dapat mencerminkan citra bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar, bangsa yang santun, bangsa yang taat aturan, dan bangsa yang unggul sumber daya manusianya," kata Menaker Ida.

Dalam kesempatan itu juga, Menaker Ida berpesan kepada PMI agar apabila menemui permasalahan dalam pekerjaan, maka harus selalu mengupayakan komunikasi yang baik kepada atasan di perusahaan, serta untuk selalu menempuh prosedur penyelesaian masalah yang telah ditentukan.

Selain itu, imbuh Ida, apabila pekerja migran menemui hal-hal lain yang dinilai dapat membahayakan kondisinya, maka harus segera menyampaikannya dengan baik pada otoritas yang berwenang di Korea, KBRI Seoul maupun kepada Kementerian Ketenagakerjaan dan BP2MI di Indonesia.

"Sebagai upaya preventif, Saudara-saudara harus selalu menyimpan alamat dan nomor kontak KBRI Seoul. KBRI Seoul tentunya akan selalu membantu Saudara-saudara," ucapnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah