Bertemu Ketua Majelis Syuro Qatar, Puan Maharani Harap Qatar Tingkatkan Investasi di Indonesia

| Senin, 05/12/2022 18:25 WIB
Bertemu Ketua Majelis Syuro Qatar, Puan Maharani Harap Qatar Tingkatkan Investasi di Indonesia Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Syuro Qatar, Hassan bin Abdullah Al-Ghanim (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Syuro Qatar, Hassan bin Abdullah Al-Ghanim di Doha, Qatar, Senin, 5 Desember 2022.

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani mengungkapkan bahwa dalam hubungan ekonomi, Qatar merupakan mitra strategis Indonesia dalam sektor perdagangan, walaupun neraca perdagangan Indonesia masih defisit.

“Dalam periode Januari-Juli 2022, nilai perdagangan Indonesia-Qatar mencapai USD758 juta, naik hampir 30% dari tahun sebelumnya,” kata Puan Maharani dalam rilisnya.

Puan Maharani mendorong kerja sama perdanganan Indonesia dan Qatar terus ditingkatkan, “Saya berharap kita bisa terus mendorong peningkatan arus perdagangan kedua negara. Dalam kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan dukungan untuk peningkatan investasi Qatar di Indonesia,” imbuhnya.

Peluang peningkatan investasi Qatar di Indonesia tersebut dapat dilakukan dengan keterlibatan Qatar Investment Authority (QIA) pada berbagai proyek investasi di Indonesia.

“Saya berharap perhatian dan dukungan Dewan Syuro agar para pekerja migran Indonesia di Qatar dapat bekerja dengan baik dan terlindungi haknya,” harap Puan.

Selain dengan Hassan bin Abdullah Al-Ghanim, Puan juga bertemu dengan Wakil Ketua Majelis Syuro Qatar, Hamda bint Hassan Al-Sulaiti. Kedua pimpinan parlemen perempuan itu berbicara soal isu kesetaraan gender.

Kepada Hamda bint Hassan Al-Sulaiti, Puan menyampaikan pentingnya inisiatif untuk penguatan pemberdayaan perempuan dalam memberikan kontribusi bagi perdamaian, khususnya di Afghanistan. Inisiatif terkait hal ini telah disetujui oleh Menteri Luar Negeri kedua negara.

“Sebagai sesama pimpinan parlemen perempuan tentunya akan sangat berguna bagi kita dapat bertemu dan berbagi pengalaman bagaimana mempromosikan peran perempuan di dunia politik dan memajukan kesetaraan gender,” tukasnya.

Tags : Puan Maharani , DPR , Qatar

Berita Terkait