Pasca Gempa Cianjur, Pemerintah Mulai Siapkan Lahan Pembangunan Rumah Relokasi

| Senin, 05/12/2022 21:16 WIB
Pasca Gempa Cianjur, Pemerintah Mulai Siapkan Lahan Pembangunan Rumah Relokasi Gempa Cianjur (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah memulai penyiapan lahan (land clearing) dan pembangunan rumah bagi warga yang akan direlokasi pasca gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Sesuai dengan lahan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Cianjur, kami telah memulai pembersihan dan penyiapan lahan untuk hunian tetap bagi warga yang akan direlokasi,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Minggu, 4 Desember 2022.

Menteri Basuki mengaku telah menugaskan PT. Brantas Abipraya untuk segera bekerja, lokasinya di Cilaku sekitar 2,5 ha dan Mande sekitar 30 ha. Saat ini sedang dikerjakan 4 unit dari 200 unit Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dengan struktur tahan gempa. 

“Besok jumlah tenaga kerja yang dikerahkan akan mencapai 100 orang untuk percepatan," kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menyampaikan bahwa rumah tersebut akan dibangun dengan teknologi RISHA yang telah terbukti berhasil membuat bangunan dua sekolah di Cianjur tetap kokoh berdiri pasca-gempa melanda.

“Stock yang tersedia saat ini sekitar 2400 unit RISHA dan kita akan pasang seluruhnya di Cianjur dengan target tuntas sebelum Lebaran 2023,” ungkpanya.

Selanjutnya, imbuh Menteri Basuki, besok mulai pengukuran dan penyiapan lahan di  30 ha di Mande yang merupakan calon tempat tinggal bagi warga terdampak yang direlokasi.

“Warga ini semula tinggal di zona sabuk merah dengan tingkat kerentanan tinggi terhadap gempa dan gerakan tanah/longsor. Sangat berbahaya jika tetap tinggal di zona merah," imbuhnya.

Tags : Pasca Gempa Cianjur , PUPR

Berita Terkait