Bantu Warda Pengungsi Erupsi Semeru, Pemda Lumajang dan Tim Gabungan Dirikan Dapur Umum

| Rabu, 07/12/2022 23:15 WIB
Bantu Warda Pengungsi Erupsi Semeru, Pemda Lumajang dan Tim Gabungan Dirikan Dapur Umum Gunung Semeru (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga mengungsi yang terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru.

Petugas BPBD Kabupaten Lumajang, Kustari menyampaikan, dapur umum yang beroperasi di beberapa titik pengungsian, salah satunya di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro ini dalam satu hari menyediakan hingga 600 porsi makanan.

"Jumlah tersebut akumulatif dari pagi, siang, dan malam. Banyaknya porsi yang dibuat kami sesuaikan dengan jumlah pengungsi yang ada," kata Kustari dikutip laman bnpb, Rabu, 7 Desember 2022.

Menurut Kustari, dapur umum menerima logistik dari warga maupun relawan yang memberikan bantuan. Sementara itu, logistik juda disuply oleg BPBD Lumajang.

Sementara itu, pengungsian pasca APG Gunung Semeru tersebar di 21 titik dengan jumlah pengungsi sebanyak 781 jiwa. Salah satu titik pengungsian berada di Gedung Serbaguna Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro.

Tags : Gunung Semeru Erupsi

Berita Terkait