Hadapi Nataru, Pemerintah Lakukan Pemantauan dan Pengendalian Transportasi

| Selasa, 20/12/2022 20:38 WIB
Hadapi Nataru, Pemerintah Lakukan Pemantauan dan Pengendalian Transportasi Gerbang Tol (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Pos Koordinasi (Posko) untuk menjaga kelancaran pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa posko tersebut bertujuan untuk melakukan pemantauan dan pengendalian transportasi, serta meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan terkait, sehingga penyelenggaraannya dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat.

“Saya minta pelaksanaan Nataru ini dapat dikelola dengan baik, agar penyelenggaraanya selain memperhatikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, juga tetap mengedepankan aspek kesehatan,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Selasa 20 Desember 2022.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub sebanyak 44,17 juta orang akan bepergian di masa libur Nataru.

Menhub mengungkapkan, dari hasil survei, moda transportasi yang menjadi pilihan utama masyarakat adalah kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Menhub mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor karena membahayakan keselamatan.

“Agar perjalanan lebih nyaman, moda transportasi publik seperti bus, kereta api, kapal laut dan kapal penyeberangan, dan pesawat, bisa menjadi pilihan masyarakat selain kendaraan pribadi. Kami sudah siapkan, dan kami berupaya memberikan pelayanan dengan baik,” ujar Menhub.

Diketahui, Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Desember 2022 s.d. 3 Januari 2023 dan akan ditutup pada 4 Januari 2023.

Tags : Libur NATARU

Berita Terkait