Tangani Banjir di Jateng, Menteri Basuki Programkan Sistem Penanganan Banjir Terintegrasi

| Kamis, 12/01/2023 22:08 WIB
Tangani Banjir di Jateng, Menteri Basuki Programkan Sistem Penanganan Banjir Terintegrasi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi penanganan banjir di Jawa Tengah (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung lokasi banjir yang menggenangi beberapa wilayah di Kudus, Jepara, dan Pati, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2023).

"Saya ditugaskan Presiden untuk melihat banjir di Kudus, Jepara dan Pati, karena sampai tadi malam banjir ini masih menjadi berita di berbagai media nasional. Jadi harus ada program penanganan yang jelas untuk dilaporkan," kata Menteri Basuki dalam rilisnya, Kamis, 12 Januari 2023.

Menteri Basuki menjelaskan, program pertama yang disiapkan Pemerintah untuk penanganan banjir di Kudus adalah peningkatan kapasitas Rumah Pompa Drainase Kencing yang masuk ke Sungai Wulan di Kecamatan Jati Kudus yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

Selanjutnya untuk penanganan banjir Kudus dan Pati, Menteri Basuki mengatakan juga akan mengoptimalkan Pintu Air Wilalung yang dibangun pada zaman Kolonial Belanda.

"Pintu air ini mengatur pembagian aliran Sungai Serang ke arah Sungai Juwana di Kabupaten Pati dan Sungai Wulan,” katanya.

Begitu juga, untuk penanganan di Sungai Juwana Kabupaten Pati, Menteri Basuki mengatakan tengah menyelesaikan normalisasi Sungai Juwana dan tanggul sungai sudah 10 km dan diteruskan 6 km lagi, termasuk Bendung Karet dengan volume 4,6 juta m3 yang sedang dikerjakan.

"Muara Sungai Juwana juga akan kita buka dan kita tata ulang karena banyak perahu yang bersandar sehingga turut menghambat aliran Sungai Juana," tukas Menteri Basuki.

Tags : Banjir , BNPB , PUPR

Berita Terkait