BNPB: Delapan Kecamatan di Bireuen Aceh Terendam Banjir, 4.364 KK Mengungsi

| Selasa, 24/01/2023 21:33 WIB
BNPB: Delapan Kecamatan di Bireuen Aceh Terendam Banjir, 4.364 KK Mengungsi Banjir di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan bahwa sebanyak 4.364 kepala keluarga atau 9.386 warga yang tinggal di delapan kecamatan di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh terdampak banjir.

Banjir merendam delapan kecamatan tersebut akibat diguyur hujan lebat pada Sabtu, 21 Januari 2023 lalu. Adapun delapan kecamatan tersebut ialah, Kecamatan Peudada, Jeunib, Sp Mamplam, Peulimbang, Peusangan Selatan, Kota Juang, Samalanga dan Pandrah.

“Banjir juga merendam 4.364 unit rumah warga dan delapan hektar sawah dengan ketinggian muka air bervariasi antara 25 hingga 100 centimeter,” kata Abdul Muhari dalam rilisnya, Senin, 23 Januari 2023.

Menurutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireuen dan tim gabungan langsung melakukan penanganan dengan menuju lokasi terdampak untuk melakukan kaji cepat, evakuasi warga dan memberikan bantuan logistik. Selain itu, BNPB juga mengimbau kepada warga agar tetap siaga dan waspada dengan cuaca di wilayah tersebut.

“BNPB mengimbau kepada warga masyarakat dan pemerintah daerah khususnya yang berada di wilayah rawan bencana banjir untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi banjir,” ungkapnya.

Tags : Banjir , BNPB