Demi Ketahanan Ekonomi, Gus Muhaimin Usul RI Keluar dari WTO

| Kamis, 26/01/2023 13:50 WIB
Demi Ketahanan Ekonomi, Gus Muhaimin Usul RI Keluar dari WTO Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketidakpastian ekonomi global yang meningkat telah menciptakan perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menilai program ketahanan ekonomi nasional sebagai prioritas. 

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu mengapresiasi pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah berusaha menjaga ketahanan ekonomi nasional, salah satunya dengan tidak sepenuhnya bergantung pada Organisasi Dagang Dunia (WTO). 

"Yang menjadi prioritas kita adalah ketahanan ekonomi nasional kita. Daya tahan ekonomi nasional kita ini menjadi penting. Makanya saya salut kepada pak Jokowi dalam konteks ini menahan dan menjaga kekuatan ekonomi nasional tidak harus tunduk pada WTO," kata Gus Muhaimin di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023. 

Wakil Ketua DPR RI itu menyatakan, sikap pemerintah yang tidak tunduk pada WTO perlu dipertahankan. Bahkan, Gus Muhaimin mendorong pemerintah tidak sungkan keluar dari WTO jika membawa dampak yang baik bagi ketahanan ekonomi nasional. 

"Kalau perlu saya mengusulkan Indonesia keluar saja dari WTO lalu menjalin koalisi baru ekonomi yang menguntungkan. Pak Luhut videonya kemarin viral dia mengatakan secara tegas independensi Indonesia atas negara manapun soal ekonomi," tutur Gus Muhaimin. 

Gus Muhaimin menambahkan, ketahanan ekonomi harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk bertahan di tengah badai krisis dan ancaman resesi global. 

"Daya tahan ekonomi itulah yang harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk bertahan sekaligus menyerang. Bertahan jangan mau didikte, menyerang kita harus menyiapkan kemampun suplai pangan global. Karena suplai kebutuhan global itulah sesungguhnya diplomasi paling efektif untuk masa-masa yang akan datang," tutupnya.

Tags : Gus Muhaimin , Ekonomi Nasional , WTO , Indonesia

Berita Terkait