Presiden Jokowi Dorong Pemda Turunkan Inflasi di Daerah

| Kamis, 09/02/2023 21:53 WIB
Presiden Jokowi Dorong Pemda Turunkan Inflasi di Daerah Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu mengecek data inflasi di setiap provinsi termasuk kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mendorong pemerintah daerah agar terus menekan dan menurunkan inflasi di daerah.

“Setiap minggu kita cek setiap kabupaten, kota, dan provinsi inflasi berapa, siapa yang paling tinggi, siapa yang paling rendah, semuanya kita buka sekarang ini. Sehingga semuanya bekerja keras, berkompetisi untuk menurunkan inflasi yang menjadi momok semua negara,” ujar Presiden Jokowi di Medan, Kamis, 9 Februari 2023.

Menurut Presiden Jokowi, hingga saat ini masih ada sejumlah provinsi dengan nilai inflasi yang berada di atas angka nasional,” Ada satu, dua provinsi saja (nilai inflasi di atas nasional), tapi saya kira (secara keseluruhan) sangat baik,” tambahnya.

Presiden menuturkan bahwa penurunan nilai inflasi di daerah dan stabilitas harga di pasar tidak lepas dari kontrol yang dilakukan oleh para pemimpin daerah.

“Ya karena ini kan peran gubernur, bupati, wali kota, semuanya terus ikut ngecek di pasar-pasar tidak hanya urusan makro, tetapi mikronya dikontrol, yang paling penting itu,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, dalam kunjungannya ke Sumatera Utara (Sumut), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Amplas Kota Medan dan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematang Siantar, Kamis, 9 Februari 2023

Tags : inflasi , Ekonomi , Pasar